BERITA

YULB Gelar Seminar Kewirausahaan “Ekonomi Kreatif Berbasis Digital”

Kepala Kantor Daerah Telkom (Kakandatel) Rantauprapat Roesidade Ibrahim, ST.,MT berikan Seminar Kewirausahaan dengan tema ” Ekonomi Kreatif Berbasis Digital” di aula mini Y-ULB pada Kamis (3/3) lalu. Seminar ini diikuti oleh seluruh unsur pimpinan AMIK Labuhan Batu berserta dosen tetap dan para mahasiswa. Turut hadir dalam undangan pimpinan-pimpinan PT yang berada di bawah naungan Yayasan Universitas Labuhanbatu berserta perwakilan Yayasan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Koordinator Akademik Yayasan ULB Ade Parlaungan Nasution, SE..M.Si.

Kakandatel Rantauprapat dalam seminar ini lebih banyak menampilkan infografis kondisi internet Indonesia dan peluang-peluang munculnya ekonomi kreatif berbasis digital. Hal ini mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar didunia digital karena memiliki penetrasi 51% dari jumlah penduduk merupakan pengguna internet. Ini juga didukung dengan hampir 90% pengguna internet menggunakan smartphone untuk mengaksesnya.

Peluang munculnya ekonomi kreatif berbasis digital ini terlihat dari boomingnya perusahaan e-commerce seperti traveloka, lazada, atau buka lapak. Sedangkan di sektor transportasi Gojek dan Grab sangat diminati oleh pengguna dibandingkan transportasi konvesional. Bahkan menurut data dari goodnewsfromindonesia.com, Indonesia merupakan negara ke tiga dengan jumlah perusahaan startup terbanyak selain USA dan India.

Setelah acara seminar ini dilaksanakan, juga dilakukan penandatanganan MOU antara AMIK, STIE, STIH, STKIP dan STPER  Labuhan Batu dengan Kakandatel Telkom sekaligus bersama dengan pimpinan Sekolah Tinggi dan Yayasan ULB melaunching wifi corner Kampus ULB-Telkom. Perlu diketahui bahwa pada saat ini hanya kampus Y-ULB yang mendapat kesempatan memiliki wifi corner ini sehingga tentu saja ini menggembirakan bagi seluruh mahasiswa karena bisa mendapat akses internet dengan biaya murah dan berkecepatan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *