Analisa/istimewa

SERAHKAN: Koordinator Akademik Y-ULB, Ade Parla­ungan Nasution menyerahkan penghargaan kepada Kadis PMD, Muhammad Zaid Harahap pada kegiatan melepas mahasiswa KKN-PPM Y-ULB, Selasa (28/8).

 

Rantauprapat, (Analisa). Yayasan Universitas La­buhanbatu (Y-ULB) melepas 667 mahasiswa ke 33 desa di Labuhanbatu Raya (Labu­hanbatu, Labuhanbatu Sela­tan, Labuhanbatu Utara) me­laksanakan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masya­rakat (KKN-PPM)  2018.

Pada tahun 2018 ini, Y-ULB melaksanakan KKN-PPM dengan peserta 667 orang yang disebar di 33 desa di Labuhanbatu Raya, ungkap Dahrul Aman Harahap, Wakil Koordinator Akademik Y-ULB saat acara melepas ma­hasiswa KKN-PPM, Sela­sa (28/8).

Dari 33 desa yang disebar di Labuhanbatu Raya, kata Dahrul, terdiri dari 23 desa di 5 kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu yakni, Keca­matan Panai Hulu, Kecamatan Pangkatan, Kecamatan Bilah Barat, Kecamatan Bilah Hilir dan Kecamatan Bilah Hulu.

Untuk di Kabupaten Labu­hanbatu Selatan ada 7 desa di Kecamatan Kotapinang dan Kecamatan Torgamba, serta 3 desa di Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhan­batu Utara, dan peserta juga didampingi sebanyak 57 orang dosen Y-ULB, jelas Dah­rul.

Harapan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Ma­syarakat (LPPM) Y-ULB, agar program ini dapat men­jadi inovator dan motivator serta penggerak dan member­dayakan masyarakat dalam menggali potensi desa di La­buhanbatu Raya.

Dahrul mengatakan, program ini diharapkan dapat ber­jalan dengan baik dan terus berkelanjutan, sehingga ma­ha­siswa Y-ULB dapat berpe­ran aktif dalam upaya men­jadi pionir pembangunan dan pemberdayaan ma­syarakat dan desa di Labuhanbatu Ra­ya, serta mampu men­jadi pro­blem solver di desa-desa yang menjadi sasaran program KKN-PPM Y-ULB ini.

Ketua Prodi PPKN, Khai­rul Fahmi Lubis menam­bahkan, KKN PPM Y-ULB tahun 2018 merupakan imple­mentasi Tri Darma Perguruan Tinggi, dan diharapkan dapat menjadikan masyarakat dan desa menjadi labo­ra­torium bagi mahasiswa untuk mene­rapkan ilmu penge­tahuan yang diperoleh di kampus, dan dapat bermanfaay bagi masya­rakat.

Fahmi menjelaskan, ada 6 program studi yang melak­sanakan KKN-PPM yakni, Agroteknologi, Ilmu Mana­jemen, Ilmu Hukum, Pendi­dikan Matematika, Pendidi­kan Biologi dan Pendidikan PKN.

Koordinator Akademik Y-ULB, Ade Parlaungan Nasu­tion menambahkan, melalui KKN PPM ini diharapkan memberi kontribusi dan man­faat positif bagi masyarakat di Labuhanbatu Raya, dan dapat sinergi antara Pemda dengan Y-ULB dalam mem­ba­ngun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ra)

Sumber : http://harian.analisadaily.com/sumut/news/667-mahasiswa-yulb-ikuti-kkn-ppm/609574/2018/08/29

Leave a Reply

Your email address will not be published.